6 Cara Cek Kecepatan Internet Paling Akurat di HP dan PC

6 Cara Cek Kecepatan Internet Paling Akurat di HP dan PC

Sekarang sangat penting bagaimana cara memeriksa kecepatan internet Anda, karena dari sini Anda akan tahu apakah layak untuk menjaga penyedia yang Anda gunakan.

Internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok banyak orang untuk bisa melakukan berbagai tugas, membantu mereka lebih dekat dengan orang lain.

6 Cara Cek Kecepatan Internet Paling Akurat di HP dan PC
akcdn.detik.net.id

Sehebat apapun perangkat tersebut, jika jaringan internet tidak stabil karena gangguan dan sebagainya, perangkat tersebut tidak akan bisa menghubungkan Anda dengan dunia luar.

Jika Anda hanya mengandalkan intuisi, kesimpulan yang akan Anda buat tentang kualitas jaringan yang digunakan tidak akan jauh berbeda dengan hasil tes yang direkomendasikan oleh Jaka.

Dari pengujian yang hanya memakan waktu beberapa detik ini, Anda bisa mendapatkan data yang deskriptif dan akurat tentang kecepatan jaringan internet Anda.

Jika Anda sering merasa jaringan internet yang Anda gunakan sering naik turun, Anda perlu mengetahui cara cek kecepatan internet yang paling tepat dan akurat di bawah ini.

Cara Cek Kecepatan Internet PC (Tanpa Aplikasi)

Cara cek kecepatan internet pertama yang dibahas Jaka khusus untuk pengguna PC. Dengan tes ini Anda akan mendapatkan data yang lebih akurat tentang jaringan internet Anda.

Cara pengujian yang direkomendasikan Jaka sangat mudah dilakukan. Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak apa pun untuk melakukan ini.

Cara cek kecepatan internet di PC dengan cepat dan akurat.

1. Cara memeriksa kecepatan jaringan dengan Ookla Speedtest

Cara pertama untuk menguji kecepatan internet yang direkomendasikan Jaka adalah dengan menggunakan layanan gratis yang dibuat oleh Ookla.

Hanya dengan satu klik Anda bisa mendapatkan informasi instan tentang kualitas jaringan internet Anda. Meskipun layanan ini gratis, namun data yang disajikan di sini masih terbilang akurat.

Untuk mengetahui kecepatan internet yang terhubung dengan perangkat komputer yang Anda gunakan, Anda hanya perlu masuk ke halaman https://www.speedtest.net/ dan klik tombol Go.

2. Cara cek kecepatan internet dengan CBN Speedtest

Cara cek kecepatan internet di PC kedua yang direkomendasikan Jaka ini sebenarnya menawarkan layanan yang hampir sama dengan yang pertama dan hasilnya sama-sama akurat.

Untuk mengakses layanan ini dari CBN, Anda hanya perlu masuk ke laman https://speedtest.cbn.id/ lalu tekan tombol Go!! terletak di tengah halaman.

Harap tunggu sebentar dan situs ini akan secara otomatis mengukur kecepatan jaringan internet yang Anda gunakan. Situs ini akan menunjukkan kecepatan mengunduh, mengunggah, dan melakukan ping ke Internet.

3. Periksa kecepatan internet Anda secara online dengan CEPAT

Cara menguji kecepatan internet di PC yang merupakan rekomendasi terbaru Jaka ini dibuat oleh salah satu platform streaming film terbesar di dunia, Netflix.

Untuk menguji menggunakan layanan yang disponsori Netflix ini, cukup buka https://fast.com/ dan situs web ini akan secara otomatis mengukur kecepatan internet Anda.

Hasil yang diberikan cukup akurat dan meyakinkan. Situs ini dibuat khusus untuk membantu pengguna Netflix memeriksa sinyal Internet di komputer mereka sebelum menonton.

Cara Cek Kecepatan Internet di HP Android (Dengan Aplikasi)

Selain penting bagi pengguna laptop dan PC, internet menjadi elemen penting bagi pengguna smartphone.

Tanpa internet, pengguna smartphone tidak akan bisa memaksimalkan perangkat mereka. Oleh karena itu, penting juga untuk mengetahui cara mendeteksi kecepatan internet di ponsel Anda.

Berikut Jaka merekomendasikan beberapa aplikasi pemeriksa kecepatan jaringan yang lebih akurat yang dapat Anda instal di perangkat smartphone yang Anda gunakan.

1. nPerf

Aplikasi pemeriksa koneksi internet pertama yang direkomendasikan Jaka adalah nPerf. Aplikasi ini mampu mengecek kecepatan internet di ponsel Anda dengan cepat dan akurat.

Tidak hanya kecepatan jaringan internet, dengan aplikasi ini Anda juga bisa mendapatkan informasi lain seperti tes browsing dan tes streaming.

Semua data di jaringan internet smartphone yang Anda gunakan dapat diambil hanya dengan menunggu beberapa detik.

Detail dari nPerf
Pengembang nPerf.com
Sistem operasi minimum Android 4.1 atau lebih tinggi
berukuran 12 MB
1.000.000+ unduhan
Peringkat 4,8 / 5 (Google Play)

2. Meteor

Cara tes kecepatan internet di handphone selanjutnya Jaka rekomendasikan menggunakan aplikasi Meteor.

Selain digunakan untuk memeriksa kecepatan internet di ponsel Anda, Meteor memiliki kemampuan untuk memberikan data kelayakan kecepatan internet ke aplikasi yang diinstal di ponsel Anda.

Meteor juga memiliki kemampuan untuk menyimpan data koneksi di berbagai tempat yang pernah Anda kunjungi, sehingga Anda memiliki data di tempat mana yang cocok dengan penyedia internet Anda.

Detail Meteor
Pengembang Opensignal.com
Sistem operasi minimal Android 4.1 dan lebih tinggi
Ukuran 5.4 MB
5.000.000+ unduhan
Peringkat 4.6 / 5 (Google Play)

3. Master Tes Kecepatan

Aplikasi pemeriksa kecepatan internet terbaru yang direkomendasikan oleh Jaka telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store. Hal ini menunjukkan bahwa data yang disajikan oleh aplikasi ini cukup akurat.

Speedtest Master dapat digunakan untuk menguji kecepatan dan stabilitas internet di ponsel Anda, juga dapat menampilkan data secara real time.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini sebagai cara untuk memeriksa kecepatan WiFi dan juga dapat menunjukkan berapa banyak pengguna WiFi yang Anda akses.

Detail Master SpeedTest
Tes Pengembang Kecepatan Internet dan Penghitung Jaringan
Sistem operasi paling rendah Android 4.1 dan lebih tinggi
Ukuran 10 MB
10.000.000+ unduhan
Peringkat 4,7 / 5 (Google Play)

Kata terakhir

Berikut beberapa cara cek kecepatan internet yang bisa Anda lakukan di PC dan juga di ponsel Anda menggunakan berbagai aplikasi terbaik.

Anda dapat menggunakan tips ini untuk membandingkan kualitas internet dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu operator ke operator lain.

Semoga informasi yang dibagikan oleh Jaka pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk kalian semua dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *