Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Ilustrasi Digital Painting
i.ytimg.com

Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Ilustrasi Digital Painting Wajib di Coba

Memang, membuat karya desain grafis di era digital menjadi semakin mudah. Ada banyak aplikasi helper yang bisa kita gunakan untuk membuat layout chart.

2.bp.blogspot.com

Jika Anda ingin membuat gambar lukisan digital, aplikasi di bawah ini mungkin menjadi pilihan terbaik Anda untuk tahun 2021.

1. Adobe Photoshop

Pengguna komputer mana yang tidak familiar dengan software ini? Rata-rata pasti sudah mengetahui kecanggihan software ini.

Ya, Photoshop telah menjadi norma di industri desain grafis saat ini. Aplikasi ini banyak digunakan untuk mengedit atau memanipulasi sebuah foto.

Tidak hanya untuk mengedit foto, Photoshop juga dapat digunakan untuk membuat ilustrasi atau lukisan digital. Karena ada banyak fungsi kuas yang berbeda untuk menambahkan tekstur warna pada gambar.

Banyak profesional melakukan pekerjaan pengeditan yang luar biasa dengan Photoshop.

2. Affinity Designer

Perangkat lunak ini akan menjadi semakin populer di tahun 2020 berkat inovasi yang dibawanya.

Keunggulan Affinity Designer adalah kemampuannya untuk menggabungkan ruang kerja raster dan desain vektor dalam satu aplikasi. Seperti perpaduan antara Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.

Dalam mode vektor, kita dapat memperbesar hingga 1.000.000%! Artinya, kita dapat memperbesar gambar hingga 1 juta kali tanpa kehilangan kualitas (tidak akan terlihat buram atau pecah).

Setelah kita selesai dengan sketsa vektor kita, kita dapat memperbaikinya lagi untuk memberikan efek lukisan digital seperti bayangan raster.

3. Clip Studio Paint

Di Indonesia, sebagian besar kartunis menggunakan software ini untuk membuat komik.

Namun, Clip Studio Paint juga dapat digunakan untuk membuat ilustrasi seperti buku komik, manga, dan animasi 2D.

Fitur berguna Clip Studio Paint yang tidak dimiliki aplikasi lain adalah kemampuan untuk membuat model 3D.

4. Krita

Keistimewaan Krita adalah gratis! Ya, saat ini Krita mungkin satu-satunya aplikasi lukisan digital terbaik dengan lisensi sumber terbuka dan gratis.

Meskipun gratis, bukan berarti fiturnya kurang. Karena Krita juga banyak digunakan oleh para profesional untuk membuat lukisan digital yang indah.

5. Corel Painter

Oleh karena itu, CorelDRAW dikenal sebagai aplikasi pembuatan gambar vektor. Corel Painter kemudian digunakan untuk menyempurnakan gambar vektor di lain waktu.

Atau dengan kata lain, kita dapat mencapai efek taktil seperti lukisan digital.

6. Rebelle

Rebelle adalah perangkat lunak lukisan digital dengan konsep hiper-realistis. Perangkat lunak ini dirancang untuk menyimpan hasil gambar yang dibuat agar terlihat benar-benar alami, seperti lukisan tradisional, meskipun dibuat secara digital.

Fitur kuas atau kuas digital dirancang untuk menghasilkan hasil yang serupa dengan kuas asli saat menggambar di atas cat air dan minyak. Setiap sentuhan dapat menciptakan percikan cat berkat alat bernama DropEngine.

7. MediBang Paint

Software gratis ini banyak digunakan untuk membuat komik. Seperti namanya, Manga, yang artinya komik ala Jepang.

MediBang Paint telah menghasilkan banyak lukisan digital gaya manga Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *