Cara Mengatasi Touchscreen Error di Ponsel Android
cdn2.boombastis.com

Cara Mengatasi Touchscreen Error di Ponsel Android

Sebagian besar ponsel biasa saat ini sudah menggunakan layar sentuh atau touch screen. Termasuk juga ponsel dengan sistem operasi Android yang saat ini mendominasi pasar ponsel global.

alwib.net

Ponsel Android tidak lepas dari berbagai masalah termasuk salah satunya layar sentuh yang error dan tidak merespon sentuhan. Ini sangat wajar karena Anda dapat menyentuh layar ponsel ratusan kali sehari dan masalah dapat muncul kapan saja.

Sebelum panik dan membawa ponsel Android ke service center, ikuti tujuh cara yang dirangkum detikINET untuk memperbaiki kesalahan touchscreen:

1. Mulai ulang ponsel Anda

Cara ini cukup sederhana, tetapi sangat efektif. Restart telepon dapat menonaktifkan semua fitur telepon dan memperbarui layanan di latar belakang, yang dapat menyebabkan crash dan masalah dengan layar sentuh.

Caranya adalah dengan menahan tombol power lalu pilih opsi restart jika layar masih berfungsi sebagian. Jika tidak, tekan dan tahan tombol daya selama beberapa detik untuk mematikan telepon.

2. Beralih ke Mode Aman

Mode aman di Android memungkinkan Anda menggunakan ponsel dengan perangkat lunak gratis tanpa layanan atau aplikasi pra-instal. Jika layar sentuh Anda berfungsi normal dalam mode aman, masalahnya kemungkinan besar disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga.

Langkah masuk ke Safe Mode, tekan dan tahan tombol Power. Kemudian tekan dan tahan menu power dan Anda akan diminta untuk masuk ke Safe Mode.

Klik Terima atau ketuk dua kali layar dan ponsel Anda akan masuk ke mode aman. Untuk keluar dari Safe Mode, ulangi prosesnya tetapi pilih Restart.

3. Tampilan diagnostik

Saat ini ada banyak aplikasi di Google Play Store yang dapat mendiagnosis layar ponsel Anda. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Display Tester, yang dapat diunduh secara gratis.

Setelah menginstal Display Tester, buka tab Test. Di sini Anda dapat melakukan berbagai jenis pengujian, seperti: B. Deteksi piksel mati, layar OLED yang terbakar, status multi-sentuh, dan banyak lagi.

Jika Anda mendapatkan hasil positif pada tes multi-sentuh, itu berarti layar sentuh berfungsi normal dan penyebabnya mungkin aplikasi pihak ketiga. Lihatlah aplikasi yang baru saja Anda instal atau pertimbangkan untuk melakukan reset data pabrik jika diperlukan.

4. Lepaskan pelindung layar

Untuk melindungi layar sentuh dari goresan dan benturan saat terjatuh, banyak orang saat ini memasang pelindung layar atau screen protector di ponsel Android mereka. Namun, panel plastik atau kaca ini dapat mencegah sinyal sentuh mencapai panel layar.

Jika layar sentuh Anda rusak sebagian atau tidak responsif, coba lepas pelindung layar. Ini mungkin tidak sepenuhnya memperbaiki masalah, tetapi dapat meningkatkan daya tanggap layar yang bermasalah.

5. Tingkatkan batas waktu layar

Jika layar sentuh ponsel Anda tidak berfungsi sebagian, Anda dapat meningkatkan batas waktu tampilan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Perbaikan Layar Sentuh. Tools ini bekerja dengan mengkalibrasi layar untuk mengurangi waktu respons.

Aplikasi ini akan meminta Anda untuk menyentuh bagian mana pun dari layar. Berdasarkan fungsi internal ponsel, aplikasi ini secara artifisial mengurangi jeda layar sebanyak mungkin.

6. Keluarkan kartu SIM

Cara ini bisa mengatasi masalah layar sentuh. Untuk mematikan telepon dan melepaskannya dari pengisi daya. Keluarkanlah kartu SIM dan kartu memori dari telepon.

Nyalakan kembali telepon dan periksa apakah layar sentuh kembali normal. Jika layar sentuh berfungsi normal, terus ketik item yang dihapus satu per satu hingga Anda menemukan penyebabnya.

7. Bersihkan ponsel Anda

Ponsel Android yang terjatuh atau terendam air dapat menyebabkan kerusakan internal terutama layar sentuh yang tiba-tiba berhenti bekerja. Coba bersihkan ponsel Anda secara menyeluruh untuk memperbaiki masalah ini.

Caranya adalah matikan ponsel, lap dengan handuk dan letakkan di bahan pengering seperti silika gel. Biarkan ponsel beristirahat setidaknya selama 48 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *