kompas.com

Penyebab Jerawat Dipipi Dan Cara Mengatasinya

Wartaupdate.com — Hadirnya jerawat di pipi memang membuat resah, karena semua orang bisa dengan mudah melihat bintik merah di wajah Anda. Jerawat terbentuk ketika folikel, yaitu tempat tumbuhnya rambut, tersumbat oleh sel kulit mati, sebum (minyak alami kulit), atau bakteri.

Masa pubertas biasanya menjadi awal munculnya jerawat, namun jerawat juga bisa dialami orang dewasa. Jerawat bisa muncul di mana saja, baik di punggung, leher, dada, bahu, maupun pipi. yuk, hindari beberapa penyebab jerawat di pipi berikut ini:

Hati hati Saat Memilih Make Up

Sebagian kaum hawa rela mengeluarkan biaya yang tidak murah untuk melakukan beragam perawatan kecantikan wajah. Namun sayangnya, tidak semua perawatan tersebut cocok untuk semua jenis kulit.

Penggunaan make up dan produk perawatan wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di pipi. Oleh karena itu, pilihlah make up yang sesuai dengan jenis kulit dan hindari produk make up yang mengandung minyak.

Stres berlebih

Saat mengalami stres berat atau terlalu sering stres, tubuh akan mengalami perubahan hormon. Hal ini dapat berkontribusi pada terbentuknya jerawat di pipi ataupun di bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, kurangi stres dan beristirahatlah yang cukup agar jerawat di pipi tidak sering muncul.

Telepon genggam yang tidak bersih

Telepon genggam yang sering Anda gunakan bisa menjadi tempat berkumpulnya minyak dan bakteri pemicu jerawat di pipi. Ketika Anda sedang menelepon, bakteri di permukaan telepon genggam dapat berpindah ke pipi. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk rajin membersihkan telepon genggam setiap hari dengan kain yang sedikit basah.

Sarung bantal dan sprei yang kotor

Salah satu penyebab jerawat di pipi adalah sarung bantal dan sprei yang kotor. Sel-sel kulit mati, kotoran, sisa make up, dan bakteri bisa berkumpul di sarung bantal dan sprei. Saat tidur di tempat tidur yang kotor, kotoran dan kuman tersebut bisa menempel di kulit dan menyumbat pori-pori wajah.

Cara Mengatasi Jerawat

Jika Anda ingin benar-benar terhindar dari jerawat, ada beberapa cara sederhana lainnya yang bisa dilakukan. Dan mungkin beberapa cara di bawah ini belum pernah terpikirkan oleh Anda.

  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan
  • Perbaiki pola makan
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari memencet atau menyentuh jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *