amazonaws.com

Deretan Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Wartaupdate.com — Bukan hanya serangga seperti nyamuk dan kecoa, kehadiran hewan mamalia seperti tikus pun, ternyata sering membuat kegelisahan para pemilik rumah. Terlebih, ketimbang nyamuk dan kecoa, tikus memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga lebih sulit untuk dimusnahkan. Tapi kamu tau gak sih, kalau tikus ternyata bisa diusir dengan tanaman pengusir tikus?

Buat kamu yang baru tahu, mungkin akan bingung, memang tikus takut dengan tanaman? Bukannya yang takut tanaman tertentu, biasanya serangga seperti nyamuk? jangan salah, karena ada beberapa tanaman pengusir tikus yang bisa efektif bikin rumah kamu bebas  dari tikus loh.

Tidak hanya di rumah, di lahan pertanian pun, tikus sering membuat ladang padi hingga jagung, rusak akibat ulah tikus. Hal tersebut pun juga akan menimbulkan kerugian, bagi para petani.

Tanaman Mint

Selain mudah untuk dibudidayakan, tanaman mint efektif untuk mengusir tikus beserta hama lainnya. Kamu bisa menanam tanaman pengusir tikus yang memiliki aroma khas ini, di halaman depan rumah, di pinggiran dekat jendela, saluran pipa, dan lokasi lainnya yang sering dijadikan pintu masuk tikus ke dalam rumah.

kompas.com

Tanaman mint juga bisa kamu gunakan untuk keperluan dapur, seperti untuk membuat kue, atau minuman, karena rasanya yang pedas dan segar.

Tanaman Bintaro

Tanaman bintaro sendiri merupakan tumbuhan pantai atau paya berupa pohon, yang bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 12 meter. Tanaman bintaro ini memiliki bunga yang harum berbentuk terompet, dan buah bintaro berbentuk telur panjang, yang akan berubah warna merah terang ketika matang.

source : google

Buah bintaro yang sangat menarik perhatian tersebut, ternyata bisa membuat tikus mencoba untuk memakannya. Namun, buah bintaro ternyata mengandung racun, dan memiliki aroma yang hanya bisa dicium oleh tikus.

READ  Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Mendekorasi Rumah

Nah, dengan begitu kamu bisa meletakan buah bintaro di beberapa sudut rumah, seperti halaman depan, dapur, saluran air, dan lain-lain, agar tikus enggan masuk. Namun, kamu juga perlu hati-hati dengan buah bintaro yang beracun, terutama bagi yang punya anak kecil. Karena, racunnya juga bisa berbahaya untuk manusia.

Tanaman Sage

Buat kamu yang baru dengar, tanaman sage ternyata juga masuk ke dalam daftar tanaman pengusir tikus paling efektif. Untuk para pecinta tanaman hias, mungkin sage lebih cocok untuk mempercantik taman. Tapi, tanaman sage ternyata juga memiliki kemampuan untuk mengusir tikus, karena bau menyengatnya, yang tidak disukai tikus. Ada dua jenis tanaman sage, yakni sage hijau dan sage putih.

amazonaws.com

Apapun jenisnya, tanaman sage bisa digunakan untuk menangkal tikus masuk ke dalam rumah, karena memiliki aroma kuat. Sage juga sangat mudah ditanam, di segala jenis tanah dan cuaca.

Mengkudu

Tanaman pengusir tikus yang berikutnya adalah tanaman mengkudu. Meski sudah jarang ditemukan, tanaman ini sangat mudah tumbuh di mana saja loh. Mengapa mengkudu tidak disukai tikus? Hal tersebut karena buah mengkudu memiliki aroma yang menyengat dan rasa pahit, yang tidak disukai tikus.

http://pancamulya.desa.id/

Kamu bisa menanam tanaman mengkudu di halaman depan rumah, atau di pot yang bisa disimpan di sudut-sudut rumah. Bahkan, agar lebih praktis, kamu juga bisa membuat ramuan dari sari mengkudu dan air, selanjutnya kamu bisa semprotkan di lokasi-lokasi tempat tikus berada.

Lavender

Tidak hanya nyamuk yang tidak suka aroma dari lavender, tikus juga tidak suka dengan aroma khas tanaman berwarna ungu yang satu ini. Memiliki penampilan yang cantik, warna bunga yang indah, serta aroma yang menenangkan, membuat lavender tak hanya bisa digunakan untuk mengusir tikus. Tanaman lavender juga bisa digunakan untuk tanaman hias di rumah.

READ  Tips Supaya Tanaman Sayuran Di Rumah Tak Diserang Hama
https://www.rumah123.com/

Tanaman lavender sendiri, lebih cocok ditanam pada suhu kering, dan harus banyak terkena sinar matahari. Sehingga, kamu tidak perlu untuk memberinya pupuk dan penyemprot, karena tanaman ini mudah berkembang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *