viva.co.id

Pencarian KRI Nanggala-402, TNI Kerahkan 21 Kapal Perang

Wartaupdate — Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus melakukan pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di Perairan Utara Bali, Rabu (21/4/2021) dini hari.

Hingga saat ini TNI telah mengerahkan sebanyak 21 KRI atau kapal perang. Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad mengatakan dari jumlah kapal tersebut tersebut, salah satunya KRI Alugoro-405.

“Terkait dengan KRI yang dikerahkan pada proses pencarian 21 (kapal perang) itu termasuk KRI Alugoro, jadi total jumlahnya 21 KRI,” ucap Riad saat konferensi persnya, Jumat (23/4/2021). Selain itu, TNI juga mendapatkan bantuan dari Polri. Menurut Kapuspen, Polri memberikan bantuan sebanyak empat kapal, yakni Kapal Gelatik, Kapal Enggang, Kapal Balang, serta Kapal Barata.

“Kapal-kapal tersebut dilengkapi dengan unit drone termasuk juga memiliki alat sonar dua dimensi,” kata Riad.

Sebagaimana diketahui, KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam pertama karya anak bangsa yang dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero).

Lingkup pekerjaannya joint Section, test and trials (Setting to Work, Hydro Test, Harbour Acceptance Test (HAT), Sea Acceptance Test including Pre-SAT sampai dengan penyusunan working standard oleh PT PAL Indonesia (Persero).

Kapal Selam Alugoro-405 merupakan kapal selam jenis Diesel Electric Submarine U209 (Nagapasa Class) yang memiliki panjang keseluruhan 61,3 meter dengan kecepatan mencapai 21 knot ketika berada di bawah air, mampu membawa 40 kru dengan kemampuan jelajah hingga 50 hari dan di desain dengan life time mencapai 30 tahun.

Perlu diketahui pula, latihan yang dilakukan oleh KRI Nanggala-402 itu merupakan kegiatan latihan sebelum latihan penembakan rudal sesungguhnya yang rencananya akan disaksikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono pada hari ini. Akibat insiden tersebut, TNI telah memastikan bahwa latihan yang seharusnya akan dilaksanakan pada hari ini batal diselenggarakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *