Aplikasi

3 Cara Menghapus Virus/Malware di Hp Android Sampai Akar

Hai, kali ini Sultan ingin membahas cara menghapus virus berbahaya dari ponsel Android. Karena ponsel Android berjalan di sistem operasi dan terhubung ke internet, mungkin ada beberapa orang jahat yang tanpa tujuan menyuntikkan program jahat seperti virus, trojan ke dalam malware. Masalah ini tentu tidak bisa dianggap sepele karena selain dapat memperlambat ponsel Android, virus dan malware juga dapat mencuri data penting dari ponsel Anda.

hpsultan.com

Mau tidak mau, informasi rekening bank, password akun media sosial, bahkan foto pribadi Anda semua lumrah di dunia maya. Virus dan malware di Android tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan hardware tetapi juga kerusakan non-hardware. Tentu saja, karena virus dan malware dapat mencapai area pribadi Anda.

Bagi Anda yang tidak menginginkannya, Sultan ingin mengajari Anda cara mencegah dan menangani ponsel Android yang terinfeksi virus dan malware. Namun pertama-tama, mari kenali gejala Android yang terkena virus dan malware.

Hapus virus / malware dari ponsel Android

Cara mencegah virus dan malware dari ponsel Android, ada baiknya melakukan pencegahan dini, yaitu hanya menginstal aplikasi dari Google play store dan tidak mengakses tautan atau ke situs web dari browser atau layanan pesan instan.

Jika ponsel Android Anda pernah terkena virus dan malware sebelumnya, berikut beberapa cara untuk memperbaikinya:

1. Instal antivirus

Seperti halnya laptop atau PC, virus juga dapat dihilangkan dari ponsel Android dengan program antivirus. Anda dapat menemukan banyak merek antivirus terkenal di Google Play Store seperti: 360 Security, Clean Master, Avast Mobile Security, dan AVG AntiVirus. Semua program antivirus memiliki manfaat yang berbeda-beda, namun tujuannya sama yaitu untuk menghilangkan virus dan malware.

Antivirus dapat berjalan kapan saja dan langsung memeriksa aplikasi yang baru saja Anda instal di ponsel Anda. Segera setelah antivirus mendeteksi program atau aplikasi yang mencurigakan, itu akan segera dihapus. Ini juga memberi tahu Anda langkah-langkah apa yang perlu Anda ambil untuk meningkatkan keamanan ponsel Anda, misalnya. Misalnya, batasi aplikasi yang diinstal ke sumber tepercaya.

2. Hapus aplikasi yang mencurigakan

Beberapa program antivirus memiliki fitur untuk mendeteksi aplikasi potensial yang mengandung virus dan malware. Jika aplikasi mencurigakan ditemukan, antivirus akan secara otomatis menyarankan Anda untuk segera menghapusnya.

3. Setel ulang ponsel Android

Langkah terakhir, jika ponsel Android Anda sudah terinfeksi virus dan malware yang sangat serius adalah dengan melakukan reset. Langkah ini menghapus semua aplikasi kecuali aplikasi default dari ponsel Anda dan mengembalikan semua pengaturan ke defaultnya. Data pribadi seperti foto, video, dan kontak akan hilang, jadi buat cadangan terlebih dahulu.

Fungsi ponsel Android yang terkena virus dan malware
Jika Anda cukup waspada, keberadaan virus dan malware bisa dirasakan di ponsel Android. Berikut adalah gejala ponsel Android terinfeksi virus dan malware:

-Penggunaan kuota internet lebih penting. Ini karena ketika virus dan malware mengirimkan informasi pribadi Anda kepada pemiliknya, mereka menggunakan berbagi Internet tanpa sepengetahuan Anda. Ini akan cepat menghabiskan kuota internet Anda.
– Kinerja ponsel Android memburuk. Karena banyaknya aktivitas tersembunyi virus dan malware, kinerja ponsel Android akan semakin melambat. Selain itu, ponsel cepat panas karena kinerjanya terus meningkat.
– Baterai cepat habis. Konsekuensi dari peningkatan kinerja ponsel adalah baterai ponsel lebih cepat terkuras. Tentu saja, bahkan jika Anda telah menggunakan aplikasi atau fitur hemat daya, itu tidak berpengaruh.

Di zaman yang semakin canggih, kita harus mengenali potensi kebocoran data dan privasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengetahui cara menghapus virus / malware dari ponsel Android, ada baiknya untuk mengikuti langkah-langkahnya secara teratur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button