Aplikasi

7 Aplikasi Android Yang Dapat Melacak Lokasi Orang Di Dekat Anda

Apakah Anda menginginkan aplikasi yang dapat melacak lokasi teman atau keluarga Anda? Ini mungkin terdengar seperti penguntit, tetapi terkadang aplikasi semacam itu diperlukan dalam keadaan darurat atau situasi yang tidak diinginkan.

Apple memiliki aplikasi Find My Friends yang memungkinkan penggunanya berbagi lokasi dengan teman atau keluarga mereka. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia di iOS.

7 Aplikasi Android Yang Dapat Melacak Lokasi Orang Di Dekat Anda
cdn.idntimes.com

Buat kamu pengguna Android, jangan sedih. Untungnya, sekarang ada banyak aplikasi alternatif dengan kemampuan serupa di Play Store. Jika Anda masih ragu, jangan khawatir, aplikasi hanya akan membagikan lokasi dengan persetujuan Anda. Saya ingin mencoba? Yuk cek daftarnya di bawah ini!

1. Glympus

Rekomendasi pertama pergi ke Glympse. Aplikasi ini telah menjadi salah satu aplikasi paling populer di Play Store. Tujuan utama Glympse adalah membagikan lokasi Anda dengan cepat dan mudah kepada teman dan keluarga. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan dapat langsung digunakan tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.

Anda dapat mengatur lama waktu untuk berbagi lokasi. Akses akan dihentikan setelah berakhirnya periode ini. Yang terpenting, tidak semua akses ke lokasi Anda akan terjadi tanpa izin Anda.

2. Sygic Family Locator

Sygic Family Locator adalah aplikasi bagus untuk melacak lokasi anggota keluarga Anda. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi lokasi real-time. Dengan layanan pesan terintegrasi, Sygic Family Locator menjadi lebih nyaman dan mudah digunakan.

Fitur lain yang bisa Anda akses adalah tombol SOS. Ini dapat digunakan ketika salah satu anggota keluarga telah pergi untuk beberapa waktu. Cukup tekan tombol SOS, aplikasi akan secara otomatis melacak lokasi mereka di peta.

3. Find My Friends

Banyak orang ingin tahu bagaimana menemukan seseorang hanya dengan nomor telepon mereka. Sebuah perusahaan bernama Family Safety Production membuat permintaan publik ini dalam bentuk aplikasi Find My Friends.

Penggunaannya cepat dan mudah. Cukup masukkan nomor telepon atau alamat email, maka aplikasi ini akan membagikan permintaan koneksi. Ketika ini telah disepakati dengan orang yang bersangkutan, Anda akan segera tahu di mana mereka berada.

4. Google Maps

Aplikasi bawaan di ponsel Android ini memiliki fitur yang jarang diketahui orang, yakni fungsi melacak nomor ponsel teman atau keluarga. Untuk melakukan ini, Google Maps bergantung pada orang yang membagikan lokasinya dengan Anda.

Cara melakukannya hampir sama seperti di aplikasi lain. Setelah membuka Google Maps, Anda perlu mengklik Menu> Berbagi Lokasi> Tambah Orang. Kemudian atur durasi berbagi lokasi atau pilih Hingga Anda mematikannya. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah memilih kontak dari ponsel Anda. Anda juga dapat mengirim permintaan ke teman Anda untuk melakukan hal yang sama.

5. Life360

Life360 bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk tetap berhubungan dengan orang yang dicintai. Aplikasi ini memiliki fitur lingkaran, yaitu grup pribadi yang dapat Anda buat bersama keluarga atau teman. Anda dapat berbagi lokasi Anda dengan mereka.

Keuntungan Life360 adalah Anda tidak perlu membagikan lokasi Anda setiap saat. Misalnya, Anda hanya membutuhkannya di malam hari, tetapi tidak di akhir pekan. Tidak hanya itu, aplikasi yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna ini juga menyediakan kartu khusus untuk setiap lingkaran. Di sana Anda dapat melihat lokasi masing-masing anggota.

6. Google Trusted Contacts

Aplikasi Google lain yang dapat Anda gunakan untuk melacak nomor ponsel teman. Ini adalah kontak tepercaya Google. Seperti namanya, Anda selalu dapat terhubung dengan orang yang Anda percayai, seperti kekasih, keluarga, atau teman Anda.

Apa yang membedakannya dari Google Maps, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur balasan otomatis. Ini berarti bahwa ketika kontak menanyakan lokasi Anda tetapi Anda tidak merespons dalam waktu tertentu, Kontak Tepercaya akan mengirimkannya secara otomatis. Ini sangat penting ketika Anda berada dalam situasi darurat.

7. GeoZilla

GeoZilla adalah aplikasi lain yang harus Anda coba dengan teman-teman Anda. Fitur yang berbeda adalah Anda dapat membagi tugas dengan anggota grup berdasarkan lokasi. Misalnya untuk belanja, pembelian perlengkapan tertentu dan sejenisnya.

Menurut ulasan Make Use Of, keunggulan aplikasi ini dibandingkan yang lain adalah tidak menghabiskan banyak baterai Anda. Karena GeoZilla memiliki fungsi perubahan posisi (SLC) yang signifikan.

Ini memastikan bahwa aplikasi tidak aktif jika Anda meninggalkan rumah dalam jarak yang dekat. Sebaliknya, itu tidak akan mulai aktif sampai Anda cukup jauh.

Ini dia 7 aplikasi Android yang bisa digunakan untuk melacak orang terdekat. Dan Anda, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Kami mengundang teman atau kerabat Anda untuk mengunduh aplikasi yang disebutkan di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button