tirto.id

Manfaat Budidaya Tanaman yang Menguntungkan, Bisa bikin Jadi Jutawan

Wartaupdate — Begitu banyak ide budidaya tanaman yang menguntungkan di tengah pandemi Covid-19. Ide budidaya tanaman yang menguntungkan salah satunya seperti tanaman organik.

Apalagi saat ini banyak orang yang memulai hidup sehat sejak adanya pandemi Covid-19. Maka itu tanaman organik mulai diminati dan dicari. Hal ini menjadikan peluang menguntungkan untuk bisnis tanaman organik.

Jenis tanaman yang ditanam secara organik pun tidak terbatas sayuran saja, tetapi sudah merambah ke buah, padi, dan tanaman obat.

Budidaya tanaman organik juga mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak tempat. Bagi pemula bisa menggunakan polybag atau jika tidak ada bisa memanfaatkan wadah daur ulang. Berikut manfaat  budidaya tanaman yang menguntungkan dikutip dari buku Berkebun Sayuran Organik :

Mengikuti Perkembangan Hidup Sehat dan Dijual Lebih Mahal

Kesadaran hidup sehat kian meningkat. Sayur dan buah organik mulai dikonsumsi dan diminati masyarakat. Banyak juga digunakan dalam pengobatan dan kecantikan.  Sehingga bertanam organik menjadi salah satu ladang bisnis menggiurkan dari sektor pertanian.

Mengurangi Dampak Negatif Pupuk Kimia

Teknologi yang banyak membantu petani adalah penggunaan pestisida, pupuk, dan hormon. Sejak dilakukan metode tersebut, hasil pertanian melimpah, namun tanaman cenderung mengandung racun dan berimbas buruk pada kesehatan konsumen.

Maka itu tanaman organik muncul untuk menjadi solusi atas permasalahan tersebut karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dalam proses penanamannya. Pupuk kimia akan diganti dengan pupuk kotoran ternak.

Menghemat Biaya Produksi

Untuk mengendalikan hama dan penyakit pada kebun organik, bisa menanam beberapa jenis tanaman yang tidak disukai hama, seperti bawang dan cabai. Bisa juga menggunakan daun serai yang ditumbuk dan diikatkan di sekeliling tanaman.

Selain itu bisa juga dilakukan secara mekanis, mengambil langsung serangga yang menganggu. Selain produk lebih sehat, biaya produksinya juga murah, terutama saat penggunaan pupuk.

READ  Langkah Langkah Budidaya Jamur Tiram untuk di Rumah Untuk Pemula

Menjaga Kualitas Rasa Sayuran

Keuntungan mengonsumsi produk organik adalah bisa mengurangi racun dan asupan makanan yang masuk bisa menyehatkan tubuh.

Rasa produk organik pun lebih enak dibandingkan dengan sayur yang ditanam secara konvensional. Contohnya wortel, bayam dan kangkung organik, rasanya akan lebih renyah, manis, dan tahan lama.

 

 

Sumber : okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *